Skip to main content

Menjaga Hubungan Baik & Harmonis Di Tempat Kerja

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Tempat kerja yang kondusif, harmonis dan nyaman akan meningkatkan produktifitas kerja. Tidak hanya akan meningkatkan kinerja dan produktifitas hal itu juga menimbulkan semangat kerja yang tinggi.

Semangat kerja yang tinggi, produktifitas dan kinerja yang baik tentu akan sangat mendukung kemajuan perusahaan atau instansi dimana kita bekerja.

Nah kali ini kita akan membahas sedikit tips bagaimana cara menjaga hubungan yang lebih baik di lingkungan kerja dan meningkatkan keharmonisan, dan berikut tipsnya:

Menjaga Hubungan Baik & Harmonis Di Tempat Kerja

Bangun suasana kekeluargaan

Tips pertama membangun hubungan yang lebih harmonis ditempat kerja adalah dengan membangun suasana kekeluargaan dilingkungan kerja.

Memang dalam pekerjaan selalu ada batasan antara atasan dan karyawan saat bekerja namun diluar itu anggap mereka sebagai teman atau keluarga.

Menjaga kerukunan dan persatuan yang solid

Tidak dipungkiri lagi bahwa kemajuan perusahaan banyak dipengaruhi oleh kinerja orang orang didalamnya baik atasan dan bawahan. Sehingga dengan menjaga kerukunan dan persatuan dalam nuansa kekeluargaan akan membuat suasana menjadi lebih kondusif dan harmonis.

Menjaga kerukunan bisa diaplikasikan dengan cara saling menghargai, menghormati satu sama lain.

Saling membantu

Tidak perlu menunggu orang lain meminta pertolongan anda, ketika anda sempat dan sedang tidak sibuk dalam pekerjaan maka tawarkan bantuan.

Saling membantu akan menumbuhkan rasa kekeluargaan yang semakin erat tidak hanya di lingkungan kerja tetapi juga diluar pekerjaan.

Hindari saling curiga dan menyalahkan

Ketika datang suatu masalah dalam pekerjaan, maka hal yang sering kita lihat adalah saling menyalahkan bukannya mencari jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut.

Terlebih hal tersebut diungkapkan di hadapan atasan tentu akanmenimbulkan kecurigaan dan akhirnya saling menyalahkan.

Ketika hal ini terjadi, ini tidak hanya merusak hubungan Anda dengan rekan kerja, tapi juga akan menimbulkan suasana tidak kondusif dalam kerjaan dan imbasnya akan mempengaruhi kualitas kinerja karyawan.

Jaga profesionalisme

Menjaga profesionalisme dalam pekerjaan akan menumbuhkan semangat kerja dan mencegah saling mengandalkan. Mereka tahu apa yang harus dikerjakan sesuai tempatnya sehingga mereka tidak mencampur antara urusan pribadi dan profesional.

Saat jam kerja jangan pernah membahas urusan pribadi, selain dapat menghambat pekerjaan, waktu rekan Anda akan tersita karena sikap Anda. Bicarakan hal pribadi di luar jam kerja.

Kejujuran

Lingkungan kerja yang harmonis dalam pekerjaan sangat penting untuk menjaga kejujuran. Kejujuran sangat mahal harganya, ketika anda sekali saja berbohong maka sangat sulit untuk mendapatkan rasa percaya dari orang orang dilingkungan kerja anda.

Sangat penting untuk berkata jujur pada diri sendiri dan rekan kerja Anda. Cobalah menjadi sosok yang rendah hati, terbuka dan bersahabat ketika rekan kerja  Anda yang lainnya sedang memiliki masalah.

Menempatkan segala sesuatu sesuai tempatnya

Sangat menyenangkan ketika bisa bergosip, banyak bercerita dengan rekan rekan anda dan tentunya jika hal ini tidak dilakukan di pekerjaan.

Anda harus tahu kapan waktu yang tepat antara pekerjaan dan urusan pribadi sehingga akanmenimbulkan suasana kondusif dan harmonis di lingkungan kerja.

Jadi untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal kita harus menciptakan Hubungan Baik dan Harmonis dimanapun kita bekerja. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat dan Semoga Sukses.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar