Skip to main content

Tips Melamar Pekerjaan Online

Tips Melamar Pekerjaan Online - Untuk melamar pekerjaan lewat media online dibagi menjadi dua metode, ialah melewati website lowongan kerja atau portal job, yang telah menyediakan aplikasi penyimpanan ringkasan dan lamaran melewati email.

Melamar pekerjaan via portal job atau situs lowongan kerja, caranya dengan langsung membuka laman lowongan tersebut dan melakukan login terlebih dulu untuk bisa menaruh data-data Anda. Dan lamaran pekerjaan lewat surat elektronik, adalah Anda mencantumkan alamat e-mail, kemudian kirimkan CV lewat e-mail tersebut.

Berikut ini admin akan mencoba memberikan gambaran cara melamar pekerjaan melalui Online dan ini merupakan pengalaman pribadi admin.

1. Lengkapi Data-data Diri dan Pastikan Nomer Kontak Benar

Sebelum mengirim lamaran melalui online ada kalanya untuk melengkapi dulu data-data diri anda karena dari data ini perusahaan bisa mengukur dan mengetahui posisi mana yang cocok buat anda tempati diperusahaan tersebut. Dan juga pastikan dulu nomer yang terdapat dalam surat lamaran itu ditulis secara benar, karena jika nanti pihak perusahaan memanggil anda untuk melakukan interview/wawancara tidak salah nomer atau tidak masuk ke orang lain.

2. Persiapkan Curriculum Vitae (CV)

Sama halnya dengan melakukan lamaran secara langsung ke perusahaan, melamar pekerjaan secara online juga membutuhkan Curriculum Vitae (CV). Karena dengan melihat/membaca CV yang kamu kirim pihak perusahaan bisa memebaca informasi tentang kamu serta pengalaman-pengalaman yang kamu punya. 

Isilah CV kamu selengkap mungkin jangan siapat tahu dengan begitu pihak perusahaan bisa menerima kamu untuk kerja.

3. Foto Pada Curriculum Vitae dan Alamat Email Resmi

Pakai foto profil sah pada  Curriculum Vitae Anda, malahan jika dapat samakan dengan foto pada KTP atau Ijazah. Sebab hal ini akan menunjukan keseriusan / kesungguhan Anda dalam melamar pekerjaan. Meskipun berbasis Online, Anda jangan samakan portal job/website loker dengan social media, jadi hindari menggunakan foto yang santai dan menggunakan e-mail dengan nama yang aneh-aneh, sebab itu akan terkesan asal-asalan dan tak mencerminkan identitas. Jadi, pakailah e-mail yang sah, dengan nama komplit akan lebih baik.

4. Jangan Asal-asalan Melamar Pekerjaan

Mencari pekerjaan adakalanya butuh sebuah peruntungan, akan tetapi jangan semua lowongan kerja Anda lamar untuk mencoba peruntungan, karena hal ini akan menciptakan image yang negatif untuk Anda di mata HRD. Jadi, lamarlah pekerjaan yang dirasa cocok untuk Anda.

5. Update Profil Secara Berkala

Jika sudah mendaftar di portal kerja/ website loker ada baiknya untuk mengapdate profil kamu secara berkala agar para perekrut diperusaan tertarik untuk merekrut kamu karena dilihat dari selalu udatenya profil yang kamu miliki.

6. Mengirim CV dan Surat Lamaran Melalu E-Mail

Kirimkan berkas-berkas lamaran file dalam bentuk "doc" atau "rtf" dan pastikan semua berkas komplit, mulai dari Curriculum Vitae, hingga foto Anda. Kemudian kasih nama file sesuai dengan nama Anda. Lampirkan foto sertifikat atau pengalaman kerja jikalau ada. 

Selain berkas-berkas, jangan lupa tuliskan surat pengantar yang berisi uraian singkat tentang alasan Anda ingin bekerja pada perusahaan yang anda tuju. Dan ungkapkan surat pengantar hal yang demikian seperlunya saja dan jangan berlebihan,serta tidak perlu menambahkan info-berita yang tidak relevan.

Itulah beberapa tips melamar pekerjaan Online yang bisa admin tahu, jika ada tips-tips lainnya bisa di tinggalkan di kolom komentar biar kita sama-sama belajar. Semoga Sukses...
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar